Korea Selatan / Mancanegara / Perjalanan

Persiapan Jalan Sendirian di Korea Selatan

Nama Korea Selatan muncul ibarat momen eureka di tengah kesuraman tahun 2015. Sejak momen itu saya aktif cari teman jalan. Tapi kan ya, hari gini ngumpulin teman buat nongkrong dengan formasi lengkap aja sulit betul. Apalagi cari teman jalan ke tempat yang lokasinya ribuan kilometer dari tanah air.

Bulan September 2015 saya nekat beli tiket ke Korea Selatan. Datang ke Seoul, pulang dari Busan. Lama perjalanan kurang lebih delapan hari. Enam hari di Seoul, dua hari di Busan. Saya masih bareng EJi dan Merlin selama tiga hari pertama di Seoul. Setelah itu mereka berangkat ke Jepang, dan saya lanjut di Korea Selatan sendirian.

Ini adalah kali pertama saya pergi jalan-jalan sendirian. Keinginan yang sudah lama ada sesungguhnya. Namun baru kesampean sekarang. Rasanya excited dan degdegserr di saat yang bersamaan. Ada banyak hal yang harus disiapkan untuk perjalanan kali ini karena saya hanya akan bergantung kepada diri sendiri. Wuhuuu!

DCIM134GOPRO

Tipikal foto kalau lagi jalan sendirian

Berikut hal-hal yang saya siapkan jauh-jauh hari sebelum berangkat.

Tiket Pesawat

Tiket pesawat saya beli di bulan September 2015 untuk keberangkatan April 2016. Lama ya. Ya udah, namanya juga tiket promo. Kali ini saya dapat tiket promo AirAsia Jakarta – Seoul dan Busan – Jakarta seharga 3.5juta PP.

Tiket Kereta

KTX menjadi pilihan saya untuk melanjutkan perjalanan dari Seoul ke Busan. KTX ini adalah jenis bullet train seperti shinkansen. Lama perjalanan yang ditempuh dari Seoul ke Busan dengan KTX sekitar tiga jam. Sedangkan kalau naik kereta biasa kurang lebih tujuh jam.

Sebetulnya tiket KTX bisa dibeli secara online. Namun menurut saya kurang menguntungkan karena harganya lebih mahal. Jika kita datang terlambat dan tidak berhasil mengejar jadwal keberangkatan kereta yang sudah dipesan, maka akan dikenakan charge 15% dari harga tiket. Jadi untuk tiket KTX sebaiknya beli on the spot saja dari Seoul Station. KTX ini ada setiap jam. Jadi jangan khawatir, pasti akan dapat.

Penginapan

Di Seoul, saya menginap di Kimchee Guesthouse selama lima malam. Kimchee Guesthouse ini banyak cabangnya. Saya menginap di Kimchee Guesthouse yang berlokasi di Downtown. Lokasinya dekat dengan pusat keramaian seperti Myeongdong, Hongdae, Seodaemun, dan juga Seoul Station.

Kimchee Guesthouse ini udah cukup terkenal di kalangan pelancong asal Malaysia dan Indonesia. Jadi kalau kamu menginap sendirian di Kimchee Guesthouse dan butuh teman sebangsa, jangan khawatir. Besar kemungkinan untuk bertemu dan berkenalan dengan pelancong asal Malaysia dan Indonesia.

Di Busan, saya menginap di Kim’s House in Busan 2nd selama dua malam. Hostel ini cabang kedua dari Kim’s House in Busan (tanpa 2nd). Kim’s House ini nyaman dan homey banget karena memang tempat tinggal si empunya yang bernama Kim. Jadi rasanya seperti numpang menginap di apartemen orang. Lokasinya di pusat kota, namun cukup jauh kalau mau ke kawasan pesisir.

Visa

Pembuatan visa Korea Selatan memakan waktu empat hari kerja. Biaya pembuatannya 560ribu dan berlaku selama satu bulan untuk visa turis. Berkas yang saya lampirkan untuk permohonan visa Korea antara lain:

  • Paspor asli
  • Fotokopi paspor
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Formulir data diri yang bisa didapat di website MOFA Korea. Jangan lupa diisi ya.
  • Rekening koran tiga bulan terakhir
  • Surat keterangan bekerja dari kantor

Berkas yang saya lampirkan tidak persis seperti apa yang tertera dalam website MOFA Korea. Namun Alhamdulillah enggak ada masalah dan langsung diterima aja. Untuk keterangan lebih lengkap tentang syarat permohonan visa Korea bisa cek di sini.

Paket tur

Keinginan untuk berpijak di perbatasan antara Korea Utara dan Korea Selatan lah yang membawa saya ke negeri gingseng. Ada banyak paket tur yang menawarkan jasa tur ke perbatasan tersebut. Saya memilih paket tur setengah hari dari VVIP Travel dengan rute Imjingak Park – The Bridge of Freedom – The 3rd Infiltration Tunnel – DMZ Theater & Exhibition Hall – Dora Observatory – Dorasan Station – Pass by the Unification Village.

Harga normal untuk paket tur ini biasanya sekitar 45ribu hingga 55ribu won. Namun saya dapat dengan harga 30ribu won saja. Kok bisa? Sabar ya, aku ceritakan nanti.

Untuk booking paket tur ke perbatasan Korea bisa dilakukan lewat e-mail. Nantinya peserta tur akan dijemput ke penginapan.

Kontak teman

Setiap singgah di suatu kota atau negara, saya selalu menyempatkan diri untuk bersilaturahmi sama teman yang tinggal di sana. Bagi saya ini salah satu bagian paling asik dan menyenangkan saat melancong. Ketemu teman lama, makan bareng, ngobrol seru, dan jalan santai. Ena’ kan.

Saat magang di Tokyo saya bertetangga dengan pria asal Korea bernama Riseung. Usianya lima tahun lebih senior dari saya. Dulu saat saya pamitan, Riseung bilang, “I’ll see you in Korea”. Saat itu saya enggak terlalu mengindahkan omongan ini sih. Iya-in aja biar cepet. Wkwk. Eh, enggak nyangka kalau tiga tahun setelah itu saya beneran ke Korea dan bakal ketemu Riseung lagi.

Setelah semua persiapan di atas sudah dilakukan, tinggal berdoa supaya semua rencana berjalan lancar. Semoga permohonan cuti yang sudah disetujui tidak ditarik lagi dan kerjaan yang ditinggalkan selama cuti tidak menzalimi teman yang back-up.

6 thoughts on “Persiapan Jalan Sendirian di Korea Selatan

  1. lagi nyari2 info ttg korsel nih mbak :).. aku jg dpt tiket murah dr AA utk keberangkatan feb 2017 nanti… tp kita bakal lbh lama di jepang sih… krn di korea cuma 4 mlm, aku blm kepikiran mw ke busan ato kota2 lain segala.. sampe skr itin nya baru seoul aja.. ditunggu cerita paket tournya bisa murah.. soalnya aku jg udh nyiapin budget utk ikutan tur dmz 😀

    • wah Busan tuh cantik banget sih mbak. kalau enggak terlalu padet di Seoul mampir Busan aja. dua hari full jalan2 juga udah cukup kok 🙂
      sip ditunggu yaah cerita DMZ nya. terima kasih sudah berkunjung!

Leave a Reply

