Korea Selatan / Mancanegara / Perjalanan

Mendadak Korea

Tekad bulat untuk pergi ke Korea muncul di masa kurang menyenangkan tahun lalu. I was at my lowest point. Pusing. Muak. Rasanya pengen kabur aja ke Afghanistan. Atau Irak. Atau ke negeri –negeri yang berakhiran “stan”. Kyrgyzstan. Turkmenistan. Kazakhstan. Pengen menyepi di lembah gunung yang diselimuti es. Hanya ada saya, keledai, padang bunga, ladang opium, dua tiga desa yang dihuni segelintir manusia. Dan waktu akan berjalan lambat dalam kesunyian. Ya, setidaknya seperti itu gambaran negeri Asia Tengah yang saya punya. Belum saya buktikan kebenarannya.

Atau kalau enggak bisa ke Asia Tengah, ke negeri yang terisolasi juga boleh. Macam Korea Utara gitu. Ya.. ya…negeri dengan paham kekirian selalu mengusik rasa penasaran saya. Ingin tahu aja gimana rasanya berada di negara yang mampu membuat waktu berjalan mundur ke 50 tahun lalu dan berhenti. Setiap muncul dokumentasi foto tentang Korea Utara darah saya berdesir. Hhhh gemessss. Namun sepertinya wisatawan cukup sulit untuk bisa masuk Korea Utara. Apalagi jika bukan warga negara kelas satu atau bukan seorang wartawan.

Tunggu.

Kalau memang belum bisa menapak di Korea Utara, setidaknya saya bisa ngintip aja. Itu udah membuat saya bahagia. Meskipun belum terpuaskan sepenuhnya. Mengintip Korea Utara bisa dari Sungai Tuman di Cina. Dari daerah perbatasan tersebut bahkan bisa terlihat Rusia sekaligus. Namun tahun 2014 lalu saya ke Cina. Dan sangat disayangkan saya baru tahu tentang tempat ini setelah kembali dari sana.

Hmmm…

Kalau judulnya mengintip, bisa juga sih dari negara rivalnya: Korea Selatan. Justru itu jalur yang paling memungkinkan. Tapi ya jangan pernah berharap bisa melenggang masuk ke Korea Utara lewat Korea Selatan. Siap-siap diringkus sama petugas aja deh.

Processed with VSCO with m5 preset

Kebetulan saya juga belum pernah ke Korea Selatan sih. Kayaknya seru juga.

Oke, ke Korea Selatan. Joms ler!

4 thoughts on “Mendadak Korea

  1. duhhh kalo ke negara yg stan-stan itu atau ke Iran, ajak2 yaaa….aku juga penasaran.
    kalo Korsel entah kenapa gak tertarik 😀

Leave a Reply

