Mancanegara / Perjalanan / Tiongkok / Ulasan Bacaan

Bacaan Pendukung

Selalu ada satu hal yang menjadi motivasi bagi seseorang untuk mengunjungi suatu tempat. Satu hal tersebut yang membuat saya ingin berkunjung ke Tiongkok adalah sejarah pemerintahannya. Tentang Dinasti Qin, tentara Terracotta, Mao Zedong, dan rekanannya itulah. Oleh karena itu saya butuh bacaan pendukung sebagai sarana perkenalan sebelum saya bepergian di Tiongkok.

Dua buku ini menjadi jendela cakrawala saya tentang Tiongkok dan saya ikut sertakan pula selama bepergian di sana.

DSC_0854

Lonely Planet Beijing City Guide

Lonely Planet memang bukan buku sejarah. Tapi dalam buku ini ada bagian latar belakang yang juga mencakup sejarah daerah setempat. Bagi saya penjelasan sejarah dalam Lonely Planet cukup bagi mereka yang punya pengetahuan nol besar tentang sejarah tempat bersangkutan.

Pemahaman tentang sejarah—dalam hal ini sejarah Beijing—dipermudah dengan adanya timeline sejarah kota Beijing yang dimulai dari era Sinanthropus pekinensis hingga Beijing mengadakan perhelatan akbar Olimpiade pada tahun 2008. Kalau merasa belum puas dan mau mendalami kisah sejarah Beijing lebih jauh, ada pula daftar bacaan lanjutan yang direkomendasikan.

China A to Z

Buku ini ibarat ‘buku pintar’ tentang Tiongkok. Bentuknya seperti kamus. Setiap bab menjelaskan satu elemen tentang Tiongkok secara alfabetis. Mulai tentang sejarah, kebudayaan, kepercayaan, kebiasaan, hingga etika yang berlaku dalam masyarakat Tiongkok. Namun gambaran tentang kronologi waktu agak sulit didapat jika hanya membaca buku ini saja.

Lonely Planet Beijing City Guide dengan China A to Z sifatnya saling melengkapi. Apabila ada satu istilah dalam Lonely Planet yang tidak saya diketahui, maka akan saya cari penjelasannya yang lebih lengkap dalam China A to Z. Kalau masih belum puas juga, ya tanya ke Professor Google. Hee.

Advertisements

6 thoughts on “Bacaan Pendukung

    • iyaaah supaya bisa dapet informasi yang komprehensif ttg tempat tersebut. jadi jalan2nya ga cuma sekedar foto2 doang 🙂

  1. walo hobi traveling, aku ga punya 1 pun buku LP ini ;D.. lbh suka nyari dr internet, dan blog2 para blogger yg prnh kesana :D.. tapi pernah baca 1 buku LP ttg indonesia punya temenku yg org asing.. memang lengkap bgt isinya 🙂 .

    • saya juga lebih senang baca blog orang sih karena lebih personal dan spesifik. tapi kalau kepepet dan clueless saya baca LP aja. paket lengkap. hehe 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s