Mancanegara / Perjalanan / Tiongkok

Cina, Dua Hari Raya

Perjalanan di Cina saya lewati dari tanggal 1 hingga 8 Oktober 2014. Menurut petunjuk perjalanan yang saya baca, waktu yang paling direkomendasikan untuk pergi ke Cina adalah bulan Oktober. Kebetulan pula saya mendapatkan tiket dengan harga lebih murah di tanggal yang bersangkutan.

Namun setelah tiket sudah dibeli, saya baru menyadari bahwa ada dua hari raya yang akan saya lewati selama di Cina.

Hari raya yang pertama adalah hari peringatan berdirinya Republik Rakyat Cina yang jatuh pada tanggal 1 Oktober. Pada tanggal ini di tahun 1949, Mao Zedong sebagai pemimpin partai komunis Cina mendeklarasikan berdirinya Republik Rakyat Cina di Tiananmen Square, Beijing. Kini tanggal 1 Oktober hingga tujuh hari setelahnya merupakan hari libur nasional di seluruh penjuru Cina. Pekan liburan nasional ini biasa dikenal dengan istilah golden week.

a1

Selama golden week hampir semua ruas jalan meriah dengan kibaran bendera Cina dan hiasan kembang warna-warni. Penduduk lokal pun tumplek blek di seluruh penjuru kota untuk menghabiskan masa liburan. Lautan manusia tersebut menyadarkan saya bahwa saat itu saya sedang berada di negara dengan jumlah populasi terbesar di dunia. Rasanya lelah sekali karena harus terus ‘bersaing’ dengan arus manusia yang tidak kunjung surut.

Sebagai negara dengan populasi terbesar di dunia, pemandangan ‘orang di mana-mana’ tentu sudah menjadi hal yang lumrah. Saran saya, hindarilah pekan liburan golden week untuk menghindari tumpahan manusia yang lebih fantastis lagi.

Hari raya yang kedua adalah hari raya Idul Adha. Menurut kalender Masehi, Idul Adha tahun lalu jatuh pada tanggal 5 Oktober 2014 di hari minggu.  Pantas saja saya tidak sadar bahwa ada hari lebaran di saat saya plesiran nanti.

Di satu sisi saya merasa bersalah harus absen melewati lebaran bersama keluarga karena alasan jalan-jalan. Namun di sisi lain saya semangat sekali untuk merayakan Idul Adha bersama komunitas Muslim di Beijing. Yeeaaay!

Komunitas Muslim Beijing terpusat di Kawasan Niujie, Distrik Xicheng. Kawasan ini merupakan tempat bermukim bagi para 10ribu penganut Muslim yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti supermarket halal, sederetan restoran halal, rumah sakit, dan sekolah Muslim. Dan tidak ketinggalan tentunya, sebuah masjid yang menjadi pusat berkembangnya komunitas Muslim bernama Masjid Niujie.

a3

Masjid Niujie yang dibangun dengan gaya arsitektur tradisional khas Cina mulai dibangun pada masa Dinasti Lao di tahun 996 dan selesai pada tahun 1125. Bangunan utama dari masjid tersebut mampu menampung sekitar 1000 jamaah. Masjid tertua di Beijing ini sempat direkonstruksi pada masa Dinasti Ming setelah sebelumnya dihancurkan oleh pasukan Genghis Khan. Setelah RRC berdiri pun, masjid ini tercatat telah tiga kali mengalami pelebaran dan pemugaran.

Pelaksanaan shalat Idul Adha di Beijing terpusat di Masjid Niujie. Sebelum memasuki masjid, para jamaah yang datang diperiksa secara ketat selayaknya di bandara. Sebagian besar jamaah adalah warga lokal dan sisanya adalah pendatang dari Indonesia, Malaysia, dan kawasan Timur Tengah. Sayangnya saya datang terlambat dan kebagian shaf di halaman masjid. Jadi harus tahan duduk di atas aspal dingin dengan terpaan angin bulan Oktober yang dingin pula. Bbrrr!

Shalat Ied dimulai dengan khidmat sekitar pukul 9 pagi. Tidak ada yang berbeda dengan rangkaian ibadah, hanya saja khotbah Idul Adha disampaikan dengan bahasa Cina.

Hari itu tidak ada agenda lain selain merayakan Idul Adha di Niujie. Selepas shalat Ied, saya memuaskan diri dengan berbelanja makanan halal dan tentunya meredam rasa lapar dengan masakan Cina yang halal dan sedap bukan main. Mmmmm!

Terima kasih kepada kakak Ais dkk yang menemani saya dan Nisul melewati Idul Adha di Beijing! 😀

a2

9 thoughts on “Cina, Dua Hari Raya

Leave a Reply

