manca / Perjalanan / Tiongkok

Membeli Tiket Kereta di Cina

Sama halnya dengan India, sebagian besar kota di Cina terhubung oleh jalur kereta. Moda transportasi ini pula yang menjadi pilihan utama penduduknya untuk bepergian.  Maka tidak heran jika penjualan tiket kereta di Cina cepat ludes. Kehabisan tiket kereta akan menimbulkan perkara baru bagi para pelancong selain mulurnya waktu perjalanan. Masalahnya, jarak antar kota di Cina sangat jauh. Jika ingin menggunakan penerbangan domestik sebagai jalan alternatif pun harganya dua kali lipat lebih mahal dibandingkan kereta.

Nah, bagaimana caranya supaya tidak kehabisan tiket kereta?

Sederhana sih. Pesan secara online dari jauh-jauh hari.

Untuk pemesanan tiket kereta di Cina jauh lebih mudah ketimbang di India yang membutuhkan akun khusus dan nomor ponsel lokal. Ada beberapa situs web yang menjual jasa pembelian tiket kereta di Cina antara lain:

Dalam perjalanan kali ini saya menggunakan jasa dari situs web yang ketiga. Alasannya mungkin terdengar sepele: karena tampilannya bersahabat dengan pengguna. Situs website ini juga memberikan serba-serbi informasi tentang bepergian di Cina secara komprehensif. Di samping jasa pembelian tiket kereta, di chinahighlights.com juga memberikan jasa pembelian tiket pesawat, hotel, hingga paket wisata.

Adapun tahapan pembelian tiket kereta sebagai berikut:

  1. Masuki halaman utama chinahighlights.com
  2. Pilih menu ‘Trains’ di barisan menu bagian atas
  3. Masukkan nama kota keberangkatan dan kota tujuan beserta tanggal perjalanan pada kolom yang tersedia, lalu klik panah kanan. Tidak perlu mengisi kedua kolom jika hanya butuh satu tiket perjalanan
  4. Maka akan muncul berbagai jadwal keberangkatan kereta, waktu tempuh perjalanan, tipe dan kelas kelas kereta seperti berikut. Cina memiliki banyak jenis kereta. Mulai dari kereta kelas eksekutif seperti di Indonesia sampai yang setara dengan shinkansen di Jepang. Penjelasan komprehensif mengenai jenis kereta dan kelas tempat duduk kereta di Cina bisa dibaca di sini.k630
  5. Klik tipe kereta, waktu keberangkatan, stasiun keberangkatan, dan kelas kereta yang diinginkan.
  6. Klik tombol “book” yang berwarna merah di bagian kanan kolom.
  7. Isi data diri calon penumpang. Di bagian bawah halaman ini terdapat pilihan pengantaran tiket. Tiket yang nantinya berhasil didapatkan oleh China Highlights bisa dikirim lewat e-mail, atau ke penginapan Anda saat di Cina, atau ke alamat rumah/ kantor Anda di Cina jika ada.K630-2
  8. Di halaman yang sama, ada pula pilihan fleksibilitas pembelian tiket kereta jika tiket kereta yang dikehendaki sudah habis terjual. Biasanya pihak China Highlights tetap berusaha untuk mendapatkan tiket kereta di hari yang sama namun dengan jadwal yang sedikit berbeda. Dan bisa jadi juga dengan kelas kereta yang berbeda.
  9. Setelah selesai, pembelian tiket kereta akan berlanjut ke halaman pembayaran dan selanjutnya Anda akan menerima konfirmasi pemesanan tiket kereta lewat e-mail seperti ini.K630-3

Pembelian tiket kereta baru bisa dimulai setidaknya 2 minggu sebelum jadwal keberangkatan yang diinginkan. Nantinya pihak China Highlights akan memberikan kabar terkini lewat e-mail apakah kereta yang diinginkan berhasil didapatkan atau tidak.

Saya sendiri sebetulnya kehabisan tiket kereta nomor T323 dan berakhir mati gaya di K630. Kedua kereta memiliki waktu tempuh yang hampir sama yaitu sekitar 14-16 jam. Hanya saja T323 berangkat di malam hari. Jadi lebih enak untuk istirahat.

Tiket kereta sementara yang berhasil dibeli akan dikirimkan lewat e-mail. Nantinya harus ditukarkan di stasiun kereta setidaknya dua jam sebelum waktu keberangkatan.

k630-4

Tiket kereta sementara yang dikirim lewat e-mail

Namun mengingat stasiun kereta ramai sekali bak lautan manusia, usahakan supaya bisa mendapatkan tiket kereta asli satu hari sebelum waktu keberangkatan. Jangan lupa tunjukkan paspor saat menukarkan tiket kereta dengan yang asli saat di stasiun.

DSC_1651

Voila! Simpan baik-baik tiket asli selama perjalanan ya! 😉

Advertisements

8 thoughts on “Membeli Tiket Kereta di Cina

  1. Hello, if we buy the ticket online, they will charge us for the service of we just have to pay for the ticket fee only?

  2. thank you pencerahannya… booking tiket kereta di ctrip gak bisa pake paypal harus pake kartukredit, bilangnya bisa pake kartu kredit luar tapi ditolak melulu. yang berhasil cuma 2 bookingan diawal untuk 6orang padahal masih harus booking 6orang lagi. nah 6 orang itu coba saya booking di chinahighlight ini… mudah2an berhasil lagi tunggu tiketnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s