Mancanegara / Perjalanan / Tiongkok

Sang Kaisar dan Para Prajurit

Beberapa tahun lalu saya menemukan sejarah menarik tentang Tiongkok dalam sebuah acara edukasi anak di salah satu stasiun televisi.

Alkisah, ada seorang kaisar yang amat mencintai tahtanya dan sangat takut akan kematian karena itu akan merenggut kedudukannya sebagai raja di dunia. Ia mencoba minum berbagai macam ramuan supaya ia tetap hidup selamanya. Namun pada akhirnya sang kaisar pun sadar bahwa suatu saat nanti ia akan mati.

Dari sinilah sang kaisar mendapatkan ide bahwa ia akan membangun istana di bawah tanah sebagai makamnya nanti agar ia tidak kehilangan tahtanya sebagai kaisar di alam kubur. Istana dibangun selayaknya bentuk istana dalam bentuk sesungguhnya lengkap bersama dengan para prajurit.

Dua ribu tahun setelah istana dibangun dan matinya sang kaisar, seorang petani menemukan satu dari ribuan prajurit tersebut secara tidak sengaja. Prajurit yang berjumlah ribuan tersebut memiliki ukuran yang sama dengan manusia pada umumnya dan memiliki ekspresi wajah yang berbeda satu sama lain. Mereka juga mengenakan pakaian perang lengkap dengan pangkat dan posisinya masing-masing.

DSC_0627

Prajurit-prajurit ini kemudian dikenal sebagai prajurit terracotta yang dibangun oleh Qin Shi Huang Di, sang kaisar dari Dinasti Qin, untuk menemaninya di alam kubur.

Advertisements

5 thoughts on “Sang Kaisar dan Para Prajurit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s