Bla Bla Bla

Kalau ke Amerika, Mau ke Mana Ya?

Banyak negara-negara dunia ketiga yang menjadi destinasi idaman saya. Terminologi dunia ketiga muncul semenjak adanya blok barat dan blok timur di perang dingin. Blok barat yang meliputi Amerika Serikat dan sekutunya masuk ke dalam kategori negara dunia pertama. Sedangkan negara dunia kedua adalah blok timur yang meliputi negara-negara komunis seperti Uni Soviet, Cina, dan sekutunya.

Negara-negara yang tidak berada di antara blok barat ataupun blok timur alias non-blok itulah negara dunia ketiga. Kebanyakan dari mereka adalah bekas jajahan imperialis yang meliputi negara-negara di benua Afrika, Amerika Latin, Oseania, dan Asia. Namun terminologi dunia ketiga kini bergeser dan merujuk kepada negara-negara berkembang yang masih merangkak, cenderung miskin, dan lemah.

Negara dunia ketiga bagi saya adalah negara-negara yang bisa membuat para pendatang merasa sedang berada di negeri antah berantah. Kenapa antah berantah? Karena biasanya tempat-tempat seperti ini akan membuat Anda bergumam, oh masih ada ya tempat kayak begini di muka bumi. Dan saya menyukai momen ini.

Bagaimana dengan negara dunia pertama seperti Amerika Serikat?

Film adalah salah satu media yang mempengaruhi rasa ingin atau tidaknya saya untuk pergi ke suatu tempat. Karena film Hollywood mendominasi tontonan saya, saya jadi enggak terlalu penasaran sama Amrik. Amerika Serikat dalam kepala saya ya, modern. Titik. Dan hal yang modern itu bisa saya dapatkan dengan mudah tanpa harus ke sana. Di sisi lain, hal yang klasik dan eksotik memang lebih menarik bagi saya.

Jadi ya…enggak terlalu pengen ke Amrik. Enggak terlalu kebelet kalau tujuannya buat jalan-jalan. Tapi kalau ada yang mau bayarin saya jalan-jalan ke sana sih, enggak nolak juga. Hehehe. Tapi mau ke mana ya? Hmmmm…

Eh, ada kok beberapa titik di sana yang bikin saya penasaran. Semoga kalau suatu saat ada kesempatan pergi ke Amerika Serikat, saya bisa ke lima tempat berikut.

  1. New York

ny3

Saya ingin merasakan langsung bagaimana rasanya ngegalau di New York sambil pakai payung kuning seperti Ted Mosby. Atau jalan-jalan dengan sepatu hak tinggi seperti halnya Carrie Bradshaw. Penasaran juga apakah memang sebegitu indah dan membekasnya kota tersebut seperti yang digambarkan dalam lagu Frank Sinatra yang berjudul New York, New York. Kota idaman sejuta umat sih.

  1. National Air and Space Museum, Washington DC

2846-004-F4142D8B

Banyak penemuan mutakhir dan khenius (merujuk kepada sesuatu yang amat jenius) yang telah lahir dari kecerdasan manusia dan mengubah kehidupan manusia itu sendiri. Tapi penemuan yang ajaib bagi saya hingga saat ini adalah pesawat. Smithsonian Institute pernah dibahas dengan amat menarik dalam buku The Lost Symbol karya Dan Brown. Apa yang dibahas Dan Brown dalam buku-bukunya memang selalu bikin penasaran kan. National Air and Space Museum ini adalah salah satu bagian dari Smithsonian Institute.

  1. Davis – Monthan Air Force Base, Tucson, Arizona

Tucson 008 (Medium)

Tempat ini semacam gudang, parkiran, dan pemakaman raksasa bagi pesawat yang sudah tidak terpakai. Kalau liat deretan bangkai mobil kan udah biasa. Mau liat juga dong deretan bangkai pesawat (dari beraneka ragam jenis tentunya) seperti apa.

  1. Yellowstone National Park

yellow-stone-national-park-mountains

Waktu kuliah Geologi Dasar, taman nasional ini sering menjadi contoh karena di sana banyak sumber energi panas bumi. Foto-fotonya cakep juga. Ternyata di Amerika ada tempat bagus selain gedung tinggi. Pikir saya saat itu.

  1. Kennedy Space Center, Florida

KSC_Aerial-Shuttle-Plaza

Biasanya lihat segala sesuatu yang berhubungan dengan ruang angkasa hanya lewat film. Mau lihat juga doong aslinya kayak apa.

10 thoughts on “Kalau ke Amerika, Mau ke Mana Ya?

  1. Eh sama, kak. Gue pengen ke suatu negara karena memang suka nonton film atau terekspos budaya populernya. Thailand, Taiwan, Jepang, Korea, India. Hahaha.

    Kalau di AS, nggak terbayang mau piknik ke mana. Pengen ke sana buat muter2 kota aja kayak orang lokal.

    • Aku juga pengen ke India karena nonton 3 Idiots…ya walaupun enggak nyampe ke Kashmir juga sih. hahhaa
      Aku juga pengen banget ‘act like lokals’ kalo ada kesempatan ke New York. uuuuu 😀

Leave a Reply

