India / Mancanegara / Perjalanan

Seberapa Amankah India? (3) – habis

Ancaman pemerkosaan

Banyak yang menanyakan perihal kasus pemerkosaan dan juga laki-lakinya pada tulisan Seberapa Amankah India (1). Sebetulnya masalah ini sudah saya bahas sebelumnya pada tulisan Delhi yang Berbahaya.

Dalam tulisan tersebut saya jelaskan betapa berbahayanya kota Delhi bagi perempuan. Sepanjang tahun 2012 telah terjadi 706 kasus pemerkosaan di kota New Delhi sendiri. Parahnya, sangat sedikit kasus pemerkosaan yang selesai di ranah hukum.

Di India, jumlah laki-laki memang terlihat lebih dominan ketimbang perempuan. Perbandingan antara laki-laki dan perempuan di India pada tahun 2014 adalah 1000: 940. Tidak banyak perempuan India yang beraktivitas di luar rumah. Hal ini memicu perempuan India terancam oleh pemerkosaan dan bahkan pembunuhan.

Kondisi mengenai perempuan di India banyak menjadi sorotan. Lantas, kenapa kondisi perempuan di India sangat menyedihkan?

Memiliki anak perempuan dianggap merugikan dalam tradisi masyarakat India. Perempuan tidak bisa mewariskan harta dan juga nama keluarga. Saat menikah, pihak perempuanlah yang menanggung biaya pernikahan dan juga mahar. Masalah mahar ini begitu krusial karena seolah menjadi penentu status kehormatan perempuan di pihak keluarga laki-laki.

Masyarakat India lebih menyukai anak laki-laki karena dinilai lebih menguntungkan. Oleh karena itu kasus pembunuhan terhadap bayi perempuan (infanticide) atau pengguguran janin lewat praktek aborsi (foeticide) marak terjadi.

Tidak seimbangnya jumlah laki-laki dan perempuan seperti inilah yang memicu perempuan India menjadi mangsa pemerkosaan, pembunuhan, dan juga perdagangan manusia. Miris banget rasanya kalau membaca tentang bagaimana perempuan di India diperlakukan.  Rasanya enggak masuk di akal, tapi memang demikian adanya.

Dalam kasus pemerkosaan, wisatawan asing pun juga tidak sedikit yang menjadi korban. Bulan Januari lalu, turis asal Denmark menjadi korban pemerkosaan di kawasan Pahar Ganj, New Delhi. Dan masih banyak lagi sederetan kasus pemerkosaan terhadap wisatawan asing.

Saya pribadi bersyukur banget bisa pulang dari India dengan selamat. Apalagi jika mengingat bahwa selama di sana selalu dihantui rasa waswas dan bahkan sempat terancam.

Saran saya bagi wisatawan perempuan yang akan ke India, hati-hati (banget)! Baca doa (serius) dan jaga diri. Usahakan agar tidak pergi seorang diri dan pakailah pakaian yang sopan. Saya yang sudah mengenakan pakaian serba tertutup pun sering mendapatkan tatapan buas dari pria lokalnya.

Jangan keluar hingga larut malam. Oh ya, ada baiknya pula jika terlebih dahulu membekali diri dengan jurus pertahanan diri untuk perempuan (women self defense).

Sekian penilaian saya terhadap aman atau tidaknya India. Makanan, penipuan, dan ancaman pemerkosaan adalah tiga hal utama yang harus diperhatikan untuk wisatawan yang akan berlibur di India.

India itu eksotis dan unik. Sesuai dengan slogan pariwisatanya, Incredible India. Dalam seumur hidup harus banget merasakan pergi ke destinasi seperti ini. Supaya tahu bahwa luar negeri tidak selamanya yang bagus-bagus dan masih ada keindahan di balik kumuhnya India. Pergi ke India juga membuat saya banyak bersyukur dengan kehidupan yang saya jalani saat ini. Pokoknya tetap waspada dan terus jaga diri yaa selama di India.

Udah ah, bosen cerita India terus. In shaa Allah akan ada kisah baru dan destinasi baru bulan Oktober nanti (cie elah!). Doakan akuu! 😀

Advertisements

8 thoughts on “Seberapa Amankah India? (3) – habis

  1. next journey tibet, nepal, india and the rest of my journeys will be on India. Ikutin cerita india dari pengalaman couchsurfing sampe amankah india, jd agak ciut kalo solo traveling haha. Tapi emang beneran tingkat pemerkosaannya sebuas itu kah ? anyway your blog is really helpful to me. salam kenal 🙂

    • iya tingkat pemerkosaan di India cukup tinggi dan kebanyakan pelaku pemerkosaan tidak diadili. Gpp kalo mau solo traveling, asal jangan solo traveling di India. Hehe
      makasih yaa sudah baca. salam kenal! 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s