Bla Bla Bla / India / Japan / Mancanegara / Perjalanan / Singapore

Disayat Pengumuman Kereta

Apa yang membuat suatu kota berkesan hingga menimbulkan rasa kangen berlebihan selain atmosfernya?

Kalau buat saya, suara mbak atau mas yang biasa kasih pengumuman di dalam kereta. Suara mbak atau mas ini kalau diingat-ingat lagi bikin hati berasa lagi disayat-sayat. Pedihhhh banget karena mendadak jadi kangen berat dan langsung pengen terbang saat itu juga.

Pengumuman kereta yang membuat saya berkesan pertama kali adalah saat naik SMRT di Singapura. Saya takjub karena pengumuman disiarkan dalam bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Melayu, dan bahasa Tamil. Luas Singapura hanya seluas Jakarta. Tapi menjadi meeting point bagi orang-orang Asia. Maka wajar saja kalau pengumuman dan marka jalan disajikan dalam empat bahasa sekaligus.

Jalur MRT Singapura lebih simpel jika dibandingkan dengan peta Tokyo Subway yang terlihat semrawut. Tidak butuh waktu lama untuk bisa paham dan hafal pemetaan jalur MRT di Singapura. Apalagi kalau mainnya di kawasan itu-itu aja.

Jalur Tokyo Subway. Selamat tersesat!

Ada satu stasiun yang pasti dilewati dan disinggahi oleh pengguna SMRT. Termasuk saya. Hingga saya pun hafal ngelotok dengan bunyi pengumumannya.

“Next station: Dhobby Ghaut Interchange. Passenger who are continuing their journey to North East Line or Circle Line, please alight.”

Saya butuh waktu cukup lama untuk bisa move-on dari Singapura. Iya, lama banget. Setiap teringat Singapura, pasti saya langsung ingat dengan pengumuman khas Stasiun Dhobby Ghaut itu.

Waktu saya kembali berkunjung ke Singapura, sengaja saya mendengarkan pengumuman kereta menuju Dhobby Ghaut Interchange sembari memejamkan mata dan saya resapi dengan dalam. Selagi bisa, kak!

Beda lagi dengan aura pengumuman kereta di India. Setiap kota di India dihubungkan oleh jalur kereta dan sebagian besar penduduknya menggunakan moda transportasi ini. Suasana stasiun kereta di India ruwet banget! Peron kereta dengan jumlah puluhan dipenuhi oleh manusia yang  tumpah ruah dimana-mana. Tidak terpikir oleh saya untuk mencari-cari suara pengumuman kereta khas India.

Namun melodi pembuka pengumuman kereta di Howrah Railway Station yang tiba-tiba membahana dalam stasiun membuat saya bengong seketika. Musiknya unik. Seolah-olah menggambarkan bunyi bintang yang bertaburan di langit. Triing! India dan drama Bollywood banget lah pokoknya.

Kalau intro pengumuman kereta di India drama banget seperti filmnya, maka lain halnya dengan Jepang yang kawaii alias imut banget. Ini sih enggak heran karena Jepang memang lekat sekali dengan imej kawaii.

Dan ini tidak seberapa menyayat hati dibandingkan…pengumuman kereta di Shibuya. Setiap nama stasiun di Tokyo diucapkan dengan penekanan yang berbeda-beda. Pengumuman di stasiun Shibuya, Shinjuku, dan Harujuku diucapkan dengan penekanan yang khas. Paling berkesan buat saya sih, tetep, Shibuya.

Shibuya selalu saya singgahi setiap hari dengan kepala pening memikirkan setoran artikel dan kesepian karena enggak ada yang bisa diajak ngobrol dengan lepas. Dan di satu sisi saya harus bisa menikmati hiruk-pikuk Shibuya karena kalau udah pulang ke Jakarta pasti saya akan kangen. Ribet amat yah idup. :p

Tapi kegalauan saya sejenak buyar ketika mendengarkan pengumuman kereta yang khas. Shibuyaa Shibuyaa. Langsung mesem-mesem sendiri deh di kereta kalau denger pengumuman khas Stasiun Shibuya.

Waktu giliran Febry yang magang di JapanTravel bulan November lalu, dia mengirimkan ini yang direkam langsung dari Shibuya, Tokyo. Katanya buat obat kangen.

Kalau dulu dengar suara itu di Tokyo mesem-mesem, sekarang rasanya pengen garuk aspal dengar rekaman tersebut di Jakarta.

6 thoughts on “Disayat Pengumuman Kereta

Leave a Reply

