India / Mancanegara / Perjalanan

10 Alasan Kenapa Saya (Tetap) Menyukai India

Walaupun jorok dan seringkali mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan selama di India, saya tetap menyukai negara ini. Masih ada keinginan untuk bisa menjelajah negara ini lagi suatu saat nanti. Entah kapan.
DSC_4710

Cuci jemur saree di pinggir Sungai Gangga

Berikut 10 hal yang membuat saya tetap menyukai India.
  1. Berwarna secara harfiah hingga ke pelosok negeri. Provinsi Rajashtan memiliki banyak kota yang benar-benar berwarna sesuai julukannya seperti pink city (Jaipur), blue city (Jodhpur), golden city (Jaisalmer), dan white city (Udaipur).  Dalam hal berpakaian, perempuan India berani menggunakan saree berwarna menyala lengkap dengan sentuhan bling-bling. Kulinernya juga turut berwarna karena kaya rempah.
  2. Banyak memberikan sumbangsih untuk perkembangan ilmu pengetahuan tanpa harus melupakan atau membuang kebudayaan asli mereka. Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, nama orang India banyak saya jumpai dalam textbook dan jurnal yang saya baca saat kuliah.
  3. English is their secondary language. Saya enggak perlu pusing-pusing pakai bahasa tarzan selama di sana.
  4. Kuliner dengan bumbu yang berani. Walau harus berakhir naas dengan diare selama lima hari.
  5. Tempat lahirnya agama tertua di dunia yang memiliki pengaruh besar di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Jangan bingung kalau isi museum nasionalnya mirip-mirip dengan Museum Nasional Indonesia karena Indonesia dan India sama-sama mendapatkan pengaruh Hindu.
  6. Punya banyak peninggalan bangunan tua dengan gaya arsitektur yang cantik dan megah sehingga bisa menyedot saya kembali ke India 300 tahun lalu.
  7. Nyaman untuk makhluk hidup lain selain manusia. Sebagian besar kota yang saya singgahi di India memang jauh lebih jorok ketimbang di sini. Tapi di sini saya enggak pernah melihat burung-burung cantik beterbangan di atas pohon atau tupai asik bermain-main di taman.
  8. Semua orang mencintai Shahrukh Khan. Hampir setiap orang akan berbinar matanya ketika disinggung soal sang aktor Bollywood ini. Ya, mereka menyukai dan mencintai industri perfilmannya.
  9. Semua orang pandai bernyanyi dan pintar menari. All izz well!
  10. India telah membuat saya bersyukur terlahir sebagai orang Indonesia 😀
11 thoughts on “10 Alasan Kenapa Saya (Tetap) Menyukai India

  1. Dan saya pun termasuk pecinta Bollywood hihihi … ketika melihat SRK pasti mata pun berbinar2, karena hidungnya yang bangir .. aw..aw..aw.. :))

  2. yang membuat saya dulu jatuh cinta sama india adalah, mata dan hidung bintang filemnya..dan pakaian gamisnya yang aduhaii gantengnya kalau dalam filem mereka pakai itu dan menyanyi………………………..awwww 🙂

  3. sama alasannya pengen sekali lagi kesana tapi bukan karena penggemar bollywood, dua kali lagi kesana? mikir2 deh…mungkin ketempat yg lain dulu..

Leave a Reply

