India / Mancanegara / Perjalanan

Ringkasan Perjalanan Kelulusan di Selatan Asia

Saya sempat mendapatkan ajakan jalan-jalan ke China dari senior saya. Saya bilang bahwa saya akan ke selatan di awal tahun 2013 tanpa menyebutkan negara mana yang saya tuju. Senior saya bilang, “awal tahun kenapa malah ke selatan?”

Padahal maksud saya adalah salah satu negara Asia Selatan. Bukan belahan bumi bagian selatan. Belakangan akhirnya ia tahu bahwa saya ke India. Misi saya saat itu adalah menunaikan cita-cita saat masih menjadi mahasiswa baru: pergi ke India sebagai perayaan kelulusan. Sebenernya saya enggak se-lebay itu sih dalam merayakan kelulusan (malah sebenernya sedih banget udah enggak jadi mahasiswa lagi). Tapi setelah satu tahun berkutat dengan tugas akhir ternyata saya merasakan yang namanya sakau pengen terbang.

Jadi bagaimana sebenarnya rute perjalanan saya selama di India?

Rute Perjalanan Kelulusan

Hari ke-1:

• Berangkat ke Kuala Lumpur, Malaysia, jam 8 pagi dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta.
  • Tiba di Kuala Lumpur sebelum tengah hari waktu setempat. Lanjut penerbangan ke Kolkata, India, pukul 3 sore.
  • Tiba di Netaji Subhash Chandra Bose International Airport, Kolkata, pukul 10 malam waktu setempat.
  • Gagal langsung berangkat ke Varanasi karena kehabisan tiket kereta. Bermalam di kawasan Sudder Street, Kolkata.

Hari ke-2:

• Jalan-jalan pagi di Kolkata.
  • Berangkat ke Varanasi dari Howrah Railway Station pukul 2 siang dengan menggunakan kereta Amritsar Express.

Hari ke-3:

Hari ke-4:

• Sunrise boat di atas Sungai Gangga. Tidak lupa melarungkan doa bersama flower candle.
  • Sarapan pagi di kedai roti milik orang Nepal dan menyeruput teh terenak sedunia yang pernah saya minum: Nepali tea
  • Keliling Varanasi dengan menyewa auto-rickshaw. Berkunjung ke Durga Temple, Monkey Temple, dan Sarnath—tempat Buddha menyebarkan agama Buddha pertama kali di India.
  • Menyaksikan upacara Puja di Dasashwamedh Ghat, Sungai Gangga, petang hari hingga matahari terbenam.

Sehabis menikmati kabut pagi di Sungai Gangga

Hari ke-5:

• Bertolak ke Lal Bahadur Shasti International Airport, Varanasi, pagi-pagi buta. Mencicipi penerbangan domestik dengan SpiceJet menuju Delhi jam 10 pagi (yang ditunda hingga jam 12 siang).
  • Tiba di Delhi pukul 2 siang dan check-in di Hari Piorko Hotel, Pahar Ganj.
  • Jalan-jalan sore di India Gate sembari makan momo—sejenis dim sum tapi versi India.

Hari ke-6:

Hari ke-7:

• Keliling Delhi dengan Delhi Metro, auto-rickshaw, dan berjalan kaki ketimbang menyewa taksi. Berkunjung ke Qutb Minar, Humanyun’s Tomb, dan Jantar Mantar hingga sore hari.
  • Berbelanja di kawasan penginapan Pahar Ganj sebelum berangkat ke Jaipur.
  • Berangkat ke Jaipur dengan bus maut pukul 10 malam.

Hari ke-8:

• Tiba di Jaipur pukul 6 pagi.
  • Keliling Jaipur. Berkunjung ke Amber Fort, City Palace, dan Hawa Mahal sebelum akhirnya ‘diculik’ oleh pria India gara-gara Courchsurfing.
  • Diculik lagi oleh pemuda India ke bar lokal hingga hampir tengah malam.

Hari ke-9:

• Berangkat pagi-pagi ke buta ke Jaipur International Airport dan bertolak kembali ke Kolkata dengan menggunakan pesawat IndiGo Airlines.
  • Tiba pukul 11 pagi di Kolkata. Leyeh-leyeh seharian, nongkrong di warung chai, dan pasang mehendi.

Hari ke-10:

• Kembali ke Kuala Lumpur, Malaysia, pukul 12 siang dari Netaji Subhash Chandra Bose International Airport, Kolkata.

Dalam tulisan sebelumnya mengenai Rute Ekspektasi, saya berencana untuk singgah di tujuh kota. Namun pada akhirnya saya hanya bisa menyambangi lima kota yang terdiri dari Kolkata, Varanasi, Delhi, Agra, dan Jaipur.

Rute Realita

Saya mengarungi 10 816 km perjalanan dengan segala kegondokan yang kemudian terbayar dengan keindahan tempat-tempat yang saya kunjungi. Setengah dari total jarak tempuh saya lewati dari atas udara. Rasa kangen untuk terbang terbayarkan sampai eneg.

Kapok menjelajah India? Enggak. Sampai jumpa di edisi jelajah lembah Himalaya! Hopefully…