Bla Bla Bla

Saya, Sungai Gangga, dan George Harrison

Dulu kalau ditanya siapa personil The Beatles yang paling saya suka, dengan mantap saya jawab Ringo Starr. Lantas banyak orang yang bingung karena katanya jarang sekali ada yang suka sama Ringo Starr. Pertanyaan dilanjutkan dengan, kenapa suka Ringo Starr? Karena Ringo lucu dan jenaka. Titik.

Tapi, maafkan saya Ringo. Akhir-akhir ini saya jatuh cinta dengan temanmu, George Harrison.

Sesungguhnya keempat personil The Beatles itu kece. Namun banyak yang bilang kalau yang paling ganteng adalah George Harrison. Padahal kalau menurut saya masih lebih ganteng John Lennon loh. George Harrison itu juga ganteng, tapi…berkharisma juga. Eeaak!

Terlepas dari tampang, saya suka lagu-lagu yang diciptakan oleh George. Something, I’m Happy Just to Dance With You, dan Here Comes The Sun. Di bagian awal lagu Here Some The Sun terdengar alunan musik sitar dan gendang khas India. George Harrison ini memang menyukai segala sesuatu yang berbau India ( Ya ampun! Kita sama!). Di tahun 1966 setelah menikahi Pattie Boyd, George bertandang ke India untuk berguru sitar kepada Ravi Shankar; musisi asal India yang merupakan ayah dari Norah Jones.

Image

Selfie di Taj Mahal (1966).

George menjadi penganut ajaran Hindu sekaligus vegetarian di era yang sama. Ia juga banyak menciptakan tembang puji-pujian untuk Krishna. Saat George Harrison meninggal pada tahun 2001, jenazahnya dikremasi dan abunya dilarung di Sungai Gangga dan Sungai Yamuna.

Saat menikmati sunrise boat di atas Sungai Gangga, saya sempat memasukkan tangan ke dalam sungai untuk ‘mencicipi rasa’ air dari sungai suci tersebut. Ternyata di sungai yang sama pernah dilarung abu jenazah dari salah satu musisi idola saya, George Harrison.

Jadi, anggap saja saya pernah berjumpa dan bersentuhan dengan George 😀

4 thoughts on “Saya, Sungai Gangga, dan George Harrison

Leave a Reply

