Bla Bla Bla / India

Nostalgia India di Chennai Express

chennai-express

Chennai Express adalah satu dari sekian banyak judul film India yang kisahnya terinspirasi dari perjalanan darat menggunakan kereta api. Alkisah seorang pemuda bernama Rahul (Shahrukh Khan) baru saja ditinggal pergi oleh sang kakek untuk selamanya. Sebelum kepergian kakeknya, Rahul telah berencana untuk berlibur di Goa bersama dua sahabatnya.

Namun di saat Rahul berpamitan kepada neneknya, ia malah mendapatkan amanah untuk melarungkan abu jenazah kakeknya di Rimeswaram. Sebuah kota yang berada di bagian ujung selatan India. Sangat jauh dari Goa.

Agar rencana liburannya tetap terlaksana, Rahul berniat melarungkan abu jenazah sang kakek dari Goa. Dengan perhitungan maksa bahwa sungai yang ada di Goa saling menyambung dengan sungai yang ada di Rimeswaram.

Untuk itu ia harus mengelabui sang nenek dengan berpura-pura berangkat menggunakan kereta Chennai Express. Nanti ia hanya akan berhenti di satu stasiun berikutnya. Di sana kedua sahabatnya sudah siap menjemput dan membawa Rahul berlibur ke Goa.

Goa is on!

Apakah rencana Rahul ini berjalan mulus? Apakah Rahul berhasil menemui kedua temannya di stasiun? Siapa pula gadis India yang ada di poster film tersebut? Daripada saya jadi spoiler, silakan nonton filmnya selagi masih diputar di bioskop. Hehehe

Jika dibandingkan dengan film Hindi lain seperti 3 Idiots, Taara, My Name is Khan, dsb, cerita Chennai Express biasa aja. Chennai Express ini menarik karena disajikan dengan gaya jenaka ala komedi India. Dialog dengan bahasa Hindi dan Tamil juga bikin kuping saya gatel. Di bagian akhir teteuuup muncul adegan mewek dan pertarungan berdarah ala India-hae. Standar drama cinta India lah.

Adegan favorit

Adegan favorit

Nuansa India di film Chennai Express kental banget. Kalau saya pribadi sih suka sama adegan nari-nari karena meriah banget. Berbeda dengan adegan nari di film-film India pada umumnya. Ratusan penari yang asik jogetan dibalut dengan kostum khas India yang heboh dan berwarna. Gemes banget pengen ikutan joget setiap adegan menari muncul. Hingga saat ini saya masih bertanya-tanya gimana caranya orang india bisa kompak saat nari kolosal. Hmmm

Nonton film ini bikin saya nostalgia dengan perjalanan di India bulan Februari lalu. Kereta kelas sleeper, chai, samosa, Sungai Gangga, bubuk tika, semua membangkitkan memori saya terhadap India. Apa yang saya lihat dalam film memang benar adanya di dunia nyata.

Tapi…penggambaran India di film Chennai Express masih terlalu bersih. Sampah, sapi dan babi yang berkeliaran beserta kotorannya absen dalam petualangan Shahrukh Khan kali ini. India dalam film ini ibarat penggambaran nyata dari imajinasi saya tentang India yang bersih.

Berkat film ini saya jadi pengen ke India lagi! Yaah, siap suntik vaksin aja sebelum berangkat biar enggak kena penyakit.

Iya sih waktu perjalanan kemarin sering banget kena tipu, digodain mamang-mamang, kecepretan tai sapi, liat cowok digebukin di pasar, naik rickshaw ngepot sampai nyaris nabrak pantat sapi, ikutan joget di pawai Saraswati, hingga kena diare. Tapi hal-hal seperti itulah yang mengubah perjalanan saya di India menjadi petualangan. Ada kepuasan batin ketika saya berhasil melewati itu semua dan melakukan check point di Sungai Gangga, Taj Mahal, dan Amber Fort. Walaupun sebuah perjalanan tidak melulu tentang objek wisata.

Pokoknya tidak akan ada rasa bosan ketika berlibur di India. Selalu ada kejadian aneh dan seru setiap harinya. Kejadian yang saya sebutkan di atas tentu tidak akan bisa saya dapatkan jika saja saya ‘backpacking’ ke negara-negara maju.

4 thoughts on “Nostalgia India di Chennai Express

Leave a Reply

