India / Mancanegara / Perjalanan

Kamus Tata Cara Berkereta Api di Negri Anak Benua

Kereta api di India menghubungkan banyak kota di seluruh penjuru negri dan mengangkut manusia dengan jumlah tidak sedikit. Maka jangan samakan naik kereta di India semudah naik kereta di pulau Jawa. Dari kelasnya sendiri tidak cukup hanya tiga seperti di sini—ekonomi, bisnis, eksekutif. Ada enam kelas di dunia perkeretaapian India. Ini dia mulai dari kelas bawah hingga teratas.

  • Second Class. Tempat duduk biasa, tidak ada AC, tersedia untuk rute perjalanan jarak jauh ataupun dekat.

    Image

    Second Class. goo.gl/XyhNS

  • Sleeper Class. Tempat duduk bisa dirubah jadi ranjang mungil. Tidak ada AC, tersedia untuk rute perjalanan jarak jauh ataupun dekat.
  • Chair Car. Mirip kelas eksekutif ala PT. KAI, hanya sedikit berbeda dalam penempatan kursi. Tiga kursi di sebelah kanan, dua kursi di sebelah kiri. Ada AC, hanya tersedia di rute perjalanan jarak pendek seperti New Delhi-Agra.

    http://www.aladdin.st/bituma/indiamike.htm

    Chair Car. goo.gl/aBqEK

  • AC 3 Tier. Tempat duduk bisa dirubah jadi ranjang mungil. Dalam satu kompartemen terdapat enam ranjang susun, masing-masing tiga buah di sisi kanan dan kiri. Ada AC, tersedia untuk rute perjalanan jarak jauh.
  • AC 2 Tier. Tempat duduk bisa dirubah jadi ranjang mungil. Dalam satu kompartemen terdapat empat ranjang susun. Ada AC, tersedia untuk rute perjalanan jarak jauh.
  • AC 1 Tier. Tempat duduk bisa dirubah jadi ranjang. Saya tidak sempat melihat langsung seperti apa kelas AC 1 Tier. Menurut beberapa sumber yang saya baca, kelas ini hampir mirip dengan AC 2 Tier. Hanya saja jok ranjang lebih bersih dan empuk. Kompartemennya berkarpet, dan tentunya lebih bersih. Tentunya di dalam kelas ini ada AC. Kelas ini tersedia untuk rute perjalanan jarak jauh.

    AC 1 Tier. goo.gl/oOMZA

    AC 1 Tier. goo.gl/oOMZA

Pada umumnya stasiun kereta di India sangat ramai dan sibuk. Bahkan jauh lebih sibuk daripada bandar udaranya. Terlebih beberapa stasiun sentral sangat besar. Orang asing yang terjebak di tengah keramaian stasiun kereta di India pasti akan sangat bingung. Ehmm kemana dulu ya? Berikut tips umum dari saya saat pertama kali memijakkan kaki di stasiun kereta di India:

  1. Seperti halnya bandara, di stasiun kereta pun ada beberapa terminal. Maka tanyakan terlebih dahulu kepada inspektur vijay ada di terminal berapakah kereta yang akan dinaiki tersebut.
  2. Saat sudah berada di terminal yang benar, tanyakan kembali kepada inspektur yang lain ada di peron berapakan kereta yang akan dinaiki. Sekedar informasi, jumlah peron di Howrah Railway Station ada dua puluh empat.
  3. Dalam itinerary tiket kereta tidak ada informasi mengenai letak tempat duduk. Lalu cari dimana hayooo? Bak sekolah atau kampus, di setiap ujung peron terdapat papan pengumungan yang ditempel banyaaak sekali kertas. Anehnya tidak sedikit orang berbondong-bondong mencari sesuatu di papan pengumuman tersebut seperti anak sekolah berebut mencari tahu hasil ulangan mereka. Setelah tersesat dalam gerbong ketika mencari tempat duduk barulah saya tahu bahwa kertas-kertas yang tertempel di papan pengumuman ternyata memberikan informasi mengenai tempat duduk. Jadi sebelum masuk ke dalam gerbong, cari tahu dulu dimana tempat duduk kita di papan pengumuman tersebut. Sebetulnya di dekat pintu masuk gerbong kereta juga tertempel nama-nama penumpang dalam gerbong tersebut. Tapi ya….jumlah gerbong dalam rangkaian kereta di India kan bisa sampai 27. Lebih baik nongkrong di papan pengumuman macem anak sekolah daripada menghampiri semua gerbong satu persatu.
  4. Ada baiknya berbincang dengan teman satu kompartemen (baik dia warga lokal ataupun orang asing). Cepat atau lambat, sedikit atau banyak, pasti para penumpang akan saling berinteraksi selama masih berada dalam satu kompartemen.
  5. Kereta di India biasanya berjalan dengan lambat. Butuh waktu 19 jam bagi Amritsar Express untuk menempuh 682 km dari Kolkata ke Varanasi. Jadi jangan lupa bawa makanan yang banyak biar nggak kelaperan tengah malam.

Selamat berkereta!

Advertisements

2 thoughts on “Kamus Tata Cara Berkereta Api di Negri Anak Benua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s