India / Mancanegara / Perjalanan

Rute Ekspektasi

Hampir di setiap negara pasti akan kita jumpai orang-orang dari etnis Cina dan India. Biasanya mereka akan hidup bersama-sama dalam satu daerah sama yang kemudian biasa dikenal dengan kawasan Chinatown atau Little India. Maklum dua etnis tersebut memiliki populasi dalam jumlah besar. India merupakan negara dengan jumlah populasi terbesar kedua setelah Cina. Selain besar jumlah populasinya, India juga memiliki daratan yang sangat luas seperti halnya Indonesia.

Maka hampir mustahil kan kalau ke sana cuma dalam hitungan hari tapi mau menjelajah semuanya. Ya, kecuali kalau melancong di India enam bulan sih.

Dari hasil blogwalking saya tentang kisah para pejalan ke India, ada banyak sekali versi rute perjalanan para pelancong selama di sana. Ada yang langsung nekat menjelajah ke bagian utara. Ada yang langsung ke daerah India yang terkenal romantis, yaitu Delhi, Agra, dan sekitar provinsi Rajashtan. Ada yang bermain aman di bagian tengah, menjelajah dari timur ke barat. Ya, belum ketemu juga sih travel blogger yang menjelajah ke bagian selatan.

zoom in india

Saya sendiri sebagai pelancong yang baru pertama kali keluar ASEAN akhirnya memilih ‘rute pemula’. Perjalanan saya mulai dari rute penerbangan AirAsia ke India yang paling atas, yaitu Kolkata. Berlanjut ke Varanasi, kota suci di India dimana Sungai Gangga terbentang.  Lalu ke ibukota, New Delhi. Tidak lupa mampir ke Agra untuk menengok ke salah satu dari tujuh keajaiban dunia, Taj Mahal.

Untuk menjelajah kota-kota tersebut saya berencana menggunakan jasa kereta api. Hampir seluruh daerah di India terhubung oleh jalur kereta. Dan sepertinya moda transportasi ini merupakan pilihan favorit sebagian besar warga India untuk bepergian. Penasaran juga kaan pengen coba seperti apa rasanya naik kereta di India 😀

Setelah dari Agra, saya berencana kembali bertolak ke provinsi Rajashtan untuk menyambangi Jaipur, Pushkar, dan Ajmer. Namun karena jarak ketiga kota tersebut sangat dekat satu sama lain, saya berencana menggunakan bus saja. Dan akhirnya setelah dari provinsi Rajashtan, mengambil rute penerbangan domestik dari kota Jaipur untuk kembali ke Kolkata.

Total, saya akan menempuh 3526 km dalam waktu sembilan hari. Woohoooo!

Booking pesawat untuk tanggal 14 Februari 2013 saya lakukan jauh-jauh hari sekali, sekitar bulan Agustus 2012. Tiket pertama yang saya beli, KL-Kolkata PP karena kalau menggunakan rute penerbangan langsung yang ke India sangat mahal. Setelah dapat the main ticket to ride, baru deh beli-beli tiket pendukung lain seperti Jakarta – KL PP, dan Jaipur – Kolkata .

Ada banyak budget airlines lokal yang tersedia di India. Di antaranya ada Kingfisher, Spicejet, Jet Airways, Go Airways, dan IndiGo Airlines. Untuk penerbangan domestik Jaipur – Kolkata, saya menggunakan IndiGo Airlines.

Kalau di 9gag, rencana seperti ini nih masih ‘expectation’.  ‘Reality’ seperti apa? Simak terus catatan perjalanan saya selama di India!

Leave a Reply

