Mancanegara / Thailand

Another Great Beach ; Phuket Trip vol.9

Di hari ketiga, kami menikmati sunset di pantai Karon yang letaknya tidak seberapa jauh dari Patong. Dibandingkan dengan Patong, garis pantai Karon lebih panjang. Jumlah kursi malas yang tersedia juga lebih sedikit. Jarang sekali dijumpai kapal-kapal kecil untuk berlayar, bahkan hampir tidak ada.

Dan saya sangat kagum dengan pasirnya yang sangat halus. Sangking halusnya, tekstur pasir di pantai Karon hampir menyerupai susu bubuk. Mungkin hal ini dikarenakan ombak yang cukup besar untuk ukuran pantai di Phuket. Suasananya relatif lebih nyaman jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Phuket yang typical nya hampir sama.

Pedagang yang lalu lalang tetap ada. Namun mereka masih sopan dan tidak seberapa mengganggu. Di sini kebanyakan dari mereka menjajakan barang dagangan berupa lampion berbentuk hati yang nantinya bisa diterbangkan seperti balon udara. Lucu deh. Apalagi jika lampion-lampion tersebut diterbangkan dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang berdekatan. Terlihat cantik dan sangat pas sebagai pelengkap pemandangan matahari yang tengah membenamkan diri dibalik air laut.

Tapi ada satu hal yang tidak saya suka dari pantai ini.

Jika matahari sudah benar-benar tenggelam dan langit mulai gelap, coba tengok ke atas kepala Anda. TADAAA! Maka Anda akan mendapati nyamuk-nyamuk sedang sibuk terbang bergerumul tepat di atas kepala dalam jumlah yang sangat sangat sangat banyak! Walaupun tidak mengigit, nyamuk nakal ini bikin risih.

Saat itu tiba-tiba saya teringat dengan kisah Raja Namruz yang berkuasa di masa Nabi Ibrahim. Karena ia adalah raja yang sombong dan ingkar, maka Allah menghukumnya dengan mengirimkan nyamuk dalam jumlah besar. Kemudian nyamuk-nyamuk itu menyerang Raja Namruz melalui lubang hidung dan telinga sampai ia tewas.

Dan saya sempat parno hal itu akan terjadi kepada saya di pantai Karon. Mati diserang nyamuk waktu lagi liburan di Thailand? Oh, no! Saya tidak mau mati sekonyol itu. Keparnoan memuncak, saya langsung ngacir menjauhi kerumunan nyamuk dan pantai Karon yang cantik.

Tepat di sebelah pantai Karon, terdapat semacam pasar malam. Di sana bisa dijumpai jajanan kaki lima, oleh-oleh khas Thailand, permainan khas pasar malam seperti di sini, dan juga panggung dangdut Thailand yang musiknya abstrak.

Yang menjadi perhatian saya dari pasar ini tentu makanannya yang murah dan beraneka ragam. Jangan takut untuk jajan, karena makanan halal bisa ditemukan dengan mudah. Makanan yang dijual biasanya berupa bakso ikan, nugget, dan daging olahan lainnya yang dibentuk seperti sate, lalu digoreng. Dan tentunya, tidak lupa disiram dengan saos kental khas Thailand yang rasanya manis bercampur pedas.

Disini saya juga mencoba BBQ seafood seperti gurita dan cumi-cumi yang dicelup ke dalam saus encer yang rasanya pedas dan asam. Harganya murah. Cukup 10 baht saja kok. Bagi kalian yang penikmat babi, ada juga paha babi panggang dan daging babi BBQ. Bagi yang mau uji nyali, ada satu kios yang menjual berbagai macam jenis serangga yang digoreng. Mulai dari ulat-ulat kecil, belalang, sampai kecoa yang ukurannya tiga kali lipat kecoa di sini.

Masih di kawasan pasar malam terdapat sebuah dermaga di samping danau yang menyuguhkan pemandangan malam kawasan Karon yang cantik banget. Bukit dan lampu-lampu bangunan disinari oleh bulan purnama yang sangat cantik menghasilkan refleksi sempurna di permukaan danau. Danau itu menampung pemandangan di atasnya dengan tenang. Tidak ada yang menggangggu refleksi tersebut kecuali terpaan angin semilir yang sedikit menimbulkan gelombang di permukaan. Sempurna!

Kuat banget deh duduk dan ngelamun berlama-lama di dermaga ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s