Mancanegara / Thailand

Berburu Duren ; Phuket Trip vol.4

Dari Big Buddha sekitar pukul setengah dua siang, kami berangkat menuju Phuket Town demi menyelesaikan satu misi: mencari durian. Sebagai penikmat buah berduri ini, saya ingin sekali menikmati lezatnya durian monthong di negara asalnya langsung. Saya sudah membayangkan bahwa saya akan menjumpai durian yang menggunung-gunung.

Setelah muter-muter ke sana kemari, berkali-kali tersesat, dan bertanya sana sini selama hilang di Phuket Town, akhirnya saya sadar bahwa saya tidak akan melihat durian yang berceceran karena ternyata produksi durian di Thailand tidak melimpah seperti di Indonesia. Ada peak season nya tersendiri jika Anda ingin menyantap durian. Biasanya sekitar bulan April atau di musim penghujan.

Berdasarkan keterangan seorang pengemudi tuk-tuk bernama Kaew, durian saat itu tidak akan dijumpai di pasar-pasar tradisional, tapi mungkin ada di supermarket besar seperti Carrefour dan Robinson. Namun hasil pencarian durian di supermarket besar seperti itu pun nihil. Benar-benar sulit mencari durian di sana jika tidak sedang musimnya.

Saat itu pikiran saya langsung melayang ke supermarket di Indonesia yang jarang absen menampilkan durian dalam rak bagian buah. Di Indonesia durian bisa dijumpai dengan mudah dimana pun dan kapan pun karena produksinya yang tidak kenal bulan atau musim. Dan saya langsung teringat dengan thread seorang kaskuser yang menampilkan foto durian dijual seharga dua ribu perak di daerah Kalimantan. Oh God! Ternyata durian monthong yang segitu terkenalnya disini susah dicari di negara asalnya sekali pun.

Leave a Reply

