Mancanegara / Thailand

Wat Chalong and Big Buddha ; Phuket Trip vol.3

Tujuan pertama kami adalah kuil terbesar di Phuket, Wat Chalong. Sebetulnya ada banyak sekali wat atau kuil di sini. Dan mau masuk ke kuil yang tidak terkenal sekalipun tidak masalah, karena para biksu dan penjaga kuil ramah kepada para turis. Kuil menjadi salah satu destinasi favorit kami, karena untuk masuk ke sana tidak dipungut biaya alias gratis. Hehe. Dan jangan lupa gunakan pakaian yang sopan jika ingin berkunjung ke kuil.


Yunus, saya, Eji, dan Febry di Wat Chalong

Wat Chalong yang secara bahasa berarti kuil festival atau kuil perayaan dibangun sekitar tahun 1802-1842 pada masa pemerintahan King Rama II. Dinamakan demikian karena biasanya di tempat ini sering diselenggarakan atraksi-atraksi kebudayaan setempat. Sejak dibangun pertama kali, Wat Chalong beberapa kali mengalami renovasi dan penambahan bangunan. Salah satunya adalah pembangunan special chedi yang tingginya mencapai 61 meter dan menghabiskan biaya sebesar 66juta baht. Konon dalam bangunan ini tersimpan salah satu fragmen tulang dari Lord Budha.

di depan special chedi

Tidak jauh dari Wat Cahalong, kami berkunjung ke patung Buddha terbesar yang terletak di bagian selatan provinsi Phuket. Akses menuju Big Buddha mudah, nyaman, jalannya mulus, dan Anda akan disuguhi suasana desa seperti di daerah Jawa.

Patung Big Buddha dibangun di atas bukit bernama Nakkerd yang memisahkan wilayah Chalong dengan Kata. Di kompleks yang terletak di puncak bukit ini Anda bisa melihat Phuket Town, Kata, Karon, Chalong Bay, Cape Phromthep, dari kejauhan. Tempat ini tenang. Anda hanya akan mendengar bunyi lonceng-lonceng kecil yang digantung sepanjang tangga menuju Big Buddha.


Big Buddha yag masih belum rampung

Big Buddha kurang lebih sama dengan Garuda Wisnu Kencana yang ada di Bali. Patung yang dibangun di dataran tertinggi pulau ini diharapkan bisa menjadi ikon baru dari kota yang bersangkutan. Pembangunan Big Buddha juga belum sepenuhnya rampung lho. Batu marmer yang menyelimuti patung Buddha setinggi 45 meter belum semuanya terpasang.

Dengan membayar 30 baht, turis bisa menulis pesan di pecahan marmer yang nantinya akan dipasangkan di patung Buddha. Biaya pembangunan Big Buddha memang kebanyakan didapat dari donasi-donasi seperti ini. Pembangunan Big Buddha masih banyak memerlukan biaya karena masih banyak bagian dari kompleks ini yang belum selesai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s