Serba Serbi

Dibalik Wajah Barong

Sebelum ngebahas destinasi wisata yang diawali huruf ‘B’, gue mau sedikit ngebahas salah satu makhluk yang juga berinisial huruf yang sama *ngeles*
Barong.
Selama ini kita mengenal Barong hanya sebatas makhluk yang sering dijumpai dalam kaos sebagai bagian dari oleh-oleh khas Bali. Dan yang kita pikirkan saat melihat Barong, pastilah ia tokoh yang jahat karena penampilannya yang tidak rupawan dan mengerikan. Mata besar. Gigi taring panjang. Wajah berwarna-warni.
Dalam setiap acara kesenian Bali, tokoh ini selalu muncul di puncak pertunjukan dan menjadi sasaran para wisatawan untuk foto bersama. Namun setelah gue memperhatikan kembali dan menggali info mengenai Barong, ternyata pemikiran gue salah. Barong bukanlah makhluk yang menyeramkan, ia adalah makhluk yang cantik dan memiliki sifat yang baik.

Barong merupakan suatu makhluk yang sudah lahir dari pemikiran manusia jauh sebelum agama Hindu masuk ke pulau Bali. Barong adalah raja dari roh-roberasal dari ojek kuda sangat mengganggu. Udah capek ngos-ngosan, masih nyium bau tahi kuda. yekss!adalah dan merupakan pihak yang baik. Ia ada untuk mengusir roh-roh jahat. Barong juga memiliki musuh yang bernama Rangda. Dimana Rangda adalah nama lain dari Calonarang, seorang janda dan penyihir jahat yang hidup di zaman Raja Airlangga.
Ternyata barong itu terdiri dari bermacam-macam jenis lho. Terdapat kurang lebih 17 macam jenis barong. Berikut ini jenis barong yang paling dikenal:
  • Barong Ket atau Ketet. Barong ini paling sering tampil dalam pementasan dan paling tenar. Ia merupakan perpaduan antara macan, singa, dan sapi.
barong ket
  • Barong Asu. Barong yang menyerupai anjing dan konon katanya sangat dikeramatkan.
  • Barong Bangkal. Barong babi tua yang besar. Disebut juga barong celeng atau barong bangkung.
  • Barong Landung. Berbeda dari jenis-jenis sebelumnya, barong landung berwujud manusia yang berpasangan laki-laki dan perempuan. Terdiri dari Ratu Lanang (laki-laki) yang berwajah hitam menakutkan dengan gigi yang keluar, dan Ratu Luh (perempuan) dengan fisik seperti wanita Cina.
barong landung : ratu luh
Dalam dunia nyata tentu makhluk ini nggak ada. Karena ia merupakan bagian dari mitologi Bali. Gue sangat mengagumi masyarakat Bali yang pada waktu itu dapat menciptakan suatu makhluk dengan segala detail bentuknya yang unik beserta nilai filosofisnya yang tinggi. Tokoh-tokoh Barong ini— juga beserta musuhnya, Rangda—diperkenalkan dan dipertunjukan melalui gerakan-gerakan tarian yang selalu membuat wisatawan berdecak kagum. Salut untuk Bali dan Barongnya!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s