Ulasan Bacaan

Manjali dan Cakrabirawa

Inilah perbedaan Parang Jati dengan lelaki lain : matanya tidak menjelajahi tubuhmu. Matanya tidak menjelmakan kau seonggok obyek. Matanya berkata kepadamu bahwa di dalam sana ada rasi-rasi bintang. Jelajahilah. Alamilah.

 Tokoh Parang Jati yang digambarkan sebagai seorang pemuda yang amat menghargai wanita dan gagah, baik secara fisik maupun sikap, benar-benar membuat gue jatuh cinta!

Parang Jati hadir dalam novel berjudul Manjali dan Cakrabirawa. Judulnya bikin gue penasaran. Dua kata yang jarang terdengar. Dari sinopsis yang ada di bagian belakang buku, tertulis sedikit bahwa novel ini akan bercerita tentang kisah cinta. Memang ada kisah cinta dalam novel ini, tetapi bukanlah yang utama. Manjali dan Cakrabirawa adalah kisah petualangan tiga orang sahabat—Manjali, Yuda, dan Parang Jati—dalam menelusuri kembali jejak peninggalan kerajaan Kahuripan di daerah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur yang sarat dengan misteri dan teka-teki, dan dibalut dengan fakta sejarah yang menarik.

Ayu Utami dapat memaparkan kisah sejarah dengan cerdas. Dan tentunya tidak lupa dibumbui dengan unsur modernitas kehidupan para tokoh utama. Penggunaan bahasa yang cukup ringan dan mudah dimengerti juga membuat kita dapat belajar banyak mengenai sejarah Indonesia. Mulai dari kisah singkat tokoh Calonarang, mantra Cakrabirawa, sampai dengan isu-isu seputar PKI. Walaupun alur cerita dari novel ini bisa dibilang biasa saja karena masih bisa tertebak, gue sangat menyukai latar belakang cerita yang di ambil.

Pas deh dengan tagline yang diambil untuk promosi bukunya—ringan, sexy, berisi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s