Ulasan Bacaan

O Alquimisto

Paulo Coelho. Nama penulis kelahiran Rio de Jainero ini sudah sering gue denger sebelumnya, tapi baru sekarang gue sempat membaca karya terpopulernya, The Alchemist. Novel yang diterbitkan pada tahun 1988 dengan judul asli O Alquimisto, sudah diterjemahkan ke dalam 56 bahasa asing dan menjadi karyanya yang paling digemari oleh pembaca.

The Alchemist bercerita tentang seorang anak lelaki yang ingin mengenal dunia dengan berkelana dan ia memutuskan untuk menjadi pengembala domba. Baginya menjadi pengembala domba tidak sebatas menggiring para hewan peliharaan mencari rumput dan air. Dari pekerjaan itulah ia dibawa ke sebuah perjalanan berharga mengarungi padang gurun Mesir untuk mengejar sebuah mimpi. Di sana ia berinteraksi dengan banyak orang yang memberinya pelajaran berharga tentang hidup. Khususnya dalam mewujudkan mimpi dan bagaimana ia harus mengambil sebuah keputusan.

Dalam kisah ini Paulo sering kali menegaskan bahwa, jika kita memiliki suatu keinginan, maka seluruh jagat raya akan bersatu padu membantumu untuk mewujudkannya. Hal yang perlu kita lakukan hanyalah membaca dan mengikuti setiap pertanda yang telah diberikan Yang Maha Kuasa. Karena sesungguhnya Tuhan telah menyiapkan jalan yang harus dilalui masing-masing orang.

Pelajaran yang bisa diambil tidak hanya soal pencapaian seorang manusia atas apa yang ingin dituju. Penulis juga banyak bercerita tentang hati, cinta, dan juga garis kehidupan manusia yang telah tertulis oleh Sang Pencipta.

Menurut gue, The Alchemist adalah salah satu buku yang wajib-jib-jib hukumnya untuk dibaca. Mau baca yang versi terjemahannya pun oke, karena bahasanya tidak kaku. Selain itu pembaca juga tidak kehilangan pesan dan feel yang ada dalam cerita. Lebih baik terlambat [membaca karya Paulo Coelho] daripada tidak sama sekali. Hehe

Oh iya satu kutipan yang gue suka dari novel ini,

Dan Tuhan jarang sekali mengungkapkan masa depan. Kalaupun Dia melakukannya, alasannya hanya satu: masa depan itu telah digariskan untuk diubah”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s