Ulasan Bacaan

Sjahrir : Peran Besar Bung Kecil

Seri Buku Tempo Bapak Bangsa yang terdiri dari empat edisi biografi bapak bangsa—Soekarno, Muhammad Hatta, Sutan Sjahrir, Tan Malaka—merupakan terbitan ulang majalah tempo edisi khusus yang dibuat dalam rangka memperingati 100 tahun hari kelahiran para pendiri bangsa tersebut dalam kemasan baru.

Buku ini merupakan kumpulan artikel yang menjelaskan secara singkat dan jelas tentang kisah kehidupan Sutan Sjahrir mulai dari sewaktu ia masih kecil, sepak terjangnya dalam membangun negeri lewat berbagai upaya diplomasi, dan juga kisah cintanya dengan beberapa wanita.

Perdana menteri pertama Republik Indonesia yang dilahirkan di Padang Panjang ini adalah seseorang yang mudah bergaul termasuk dengan orang-orang Belanda, khususnya kalangan intelektual kelas atas. Selama bersekolah di Belanda, ia lebih banyak berdiskusi dan pergi menikmati acara-acara kesenian daripada kuliah. Walaupun ia gagal meyelesaikan studi hukum di Universiteit van Amsterdam, semasa bersekolah di Indonesia ia dikenal sebagai murid yang cerdas secara akademis.

Sepulangnya dari negri kincir angin ia banyak melakukan pergerakan bersama Hatta, seperti mendirikan Partai Pendidikan Nasional Indonesia. Ia juga mendesak Soekarno-Hatta dalam mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia. Akan tetapi Sjahrir lebih memilih berjuang melalui jalur diplomasi dalam memperkenalkan kemerdekaan Indonesia ke dunia internasional.

Pergerakannya dalam membangun Indonesia dapat dijadikan contoh bagi anak muda. Hal ini dikarenakan Sjahrir mulai melakukan pergerakan sejak ia duduk di bangku perguruan tinggi dan masih berada dalam usia yang relatif muda, yaitu 22 tahun. Dengan bahasa yang cukup ringan dan didukung dengan adanya foto-foto eksklusif yang didapat dari narasumber, buku ini sangat informatif dan mudah diterima, sehingga cocok untuk dibaca bagi seorang yang ingin mengenal para tokoh pendiri bangsa lebih dekat.

Dibuat untuk bulletin kami, Momentum 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s