Bla Bla Bla

The Blue Traveling Jeans

Pernah dengar cerita tentang empat orang sahabat dengan celana ajaibnya? Yup! That was The Sisterhood of the Travelling Pants. Film yang di angkat dari novel bestseller karya Ann Brashares ini bercerita tentang persahabatan Tibby, Lena, Carmen, dan Bridget dimana suatu hari mereka menemukan suatu celana ‘ajaib’. Ajaib celana tersebut dapat dikenakan oleh mereka yang memiliki ukuran yang jauh berbeda. Secara tidak langsung dalam cerita ini terlihat bahwa si celana ajaib sibuk dioper keempat pemiliknya ‘jalan-jalan’ keliling dunia.

And then, I have my own travelling pants also 😉

Dengan postur tubuh sekecil ini, mungkin mudah bagi saya untuk mendapatkan ukuran sepatu dan baju yang pas. Tapi tidak demikian halnya dengan celana. Untuk beli celana baru, saya harus menyediakan waktu khusus untuk berburu seharian muter-muter pusat perbelanjaan dan coba celana sana-sini. Tidak mudah bagi saya untuk mendapatkan ukuran celana yang pas, enak dipakai, dan enak dilihat. Masalahnya adalah jika saya mendapatkan panjang celana yang pas, pasti lingkar pinggangnya kebesaran. Sedangkan apabila ada celana yang lingkar pinggangnya pas, pasti celana itu kependekan. Entah masalah itu ada pada lingkar pinggang atau panjang kaki saya.

Itulah mengapa jika ada celana yang pas, pasti bakal ‘panjang umur’.

Dari sekian banyak celana yang ada dalam lemari, cuma ada satu yang beres. That is my blue jeans. Blue jeans potongan pensil ini gue dapet waktu kelas 2 SMA dari salah seorang bulek (sama dengan tante atau bibi, bukan turis asing). Ia mendapatkan celana pencil cut ini dari hasil berburu baju bekas di Pasar Senen. Sepengalaman saya berburu di sana, harga celana jeans bekas berkisar antara 10ribu – 15ribu.

Walaupun bekas, celana ini masih layak pakai. Modelnya sesuai dengan apa yang sedang tren saat itu—skinny jeans. Warnanya biru, belum pudar, nggak belel dan sama sekali nggak ada bagian yang sobek. Dilihat dari kancing bagian depantertulis :

“HUSTLE BRAND. Do! Family company limited production”

Mmm saya nggak tau brand ini berasal dari mana. Karena celana ini didapat dari Pasar Senen, bisa dipastikan bahwa ia didatangkan dari luar Indonesia. Mungkin Singapura, Hongkong, atau Taiwan. Berarti sebelum sampai ke Indonesia, khususnya ke tangan saya, pastinya celana ini sudah melakukan perjalanan panjang bersama pemilik sebelumnya di negri sana.

Waktu masih SMA dulu, jam terbang jeans ini cuma sebatas keliling kota tua, ke mall, pokoknya pergi kemanapun yang nggak pake  putih abu-abu. Semenjak kuliah, jeans ini jadi seragam saya hampir setiap hari.

Jeans ini juga sudah ngikut kemana pun saya pergi menggembel. Walaupun saat berwisata saya lebih sering bercelana pendek, saya tetap memilih mengenakan celana yang satu ini saat berada dalam perjalanan menuju ke luar kota. Memang rasanya risih mengenakan jeans saat perjalanan jauh, tapi ternyata saya tidak bisa lepas darinya.

Ia menghangatkan pergelangan kaki saya saat nanjak di puncak Sikunir Dieng, puncak gunung Pananjakan, dan puncak gunung Bromo. Ia menjadi selimut saya satu-satunya saat bermalam di pantai Kuta. Dan ia turut merasakan pahitnya bertahan dalam kereta ekonomi berjam-jam sampai ke kota tujuan —bahkan sempat saya ajak duduk di lorong kereta yang amat kotor.

Jeans yang sudah menginjak usia 4 tahun selama berada di tangan saya kini warna birunya sudah memudar. Bagian pergelangan kaki bawah juga udah mulai sobek-sobek. Kalau dilipet juga udah nggak ada bedanya sama kaos karena sudah tipis.

Dengan jam terbang yang sudah tinggi menemani saya pergi kemana-mana, sepertinya gelar travelling pants pantas saya beri kepada celana yang hampir empat tahun jarang absen ikut saya pergi dan menunjang penampilan menjadi sedikit lebih gaya. Sekarang, saatnya ia beristirahat sejenak, dan sampai jumpa di perjalanan berikutnya!

Leave a Reply

