Bla Bla Bla

Pengiring Perjalanan

Satu hal yang menjadi pertimbangan utama saat saya ingin mengganti ponsel adalah kualitas dari musik player-nya. Saya hampir tidak pernah lepas dari kebiasaan mendengarkan musik dari kelas 2 SMP hingga kini. Mulai dari pemutar musik tersebut berbentuk walkman (dengan kaset di dalamnya) hingga ke bentuk digital saat ini. Ya, hampir dimanapun, kapanpun, saat nganggur nggak ada kerjaan saya mendengarkan musik. Walaupun kebanyakan musik yang diputar adalah musik lawas. Saya bukan termasuk orang yang sangat update dengan musik terbaru. I listen to my own music genre. Kalaupun tidak ada earphone yang melekat di telinga saya, pasti itu karena earphone saya rusak dan belum sempat beli yang baru.

Lagi di angkot, dengerin musik. Lagi nunggu bikun, dengerin musik. Lagi nunggu kelas mulai, dengerin musik. Lagi belajar, dengerin musik. Lagi buang hajat, dengerin musik. Lagi ngelamun, dengerin musik. Lagi patah hati, dengerin musik. Lagi di perjalanan jauh, mmm masih perlu ditanya lagi apa yang saya lakukan?

Dengerin musik adalah obat yang paling ampuh nomer tiga untuk menghilangkan kejenuhan dalam menempuh perjalanan jauh setelah ngobrol ketawa-ketiwi dan tidur. Walaupun music player sudah memutar ulang lagu yang sama berkali-kali, telinga saya tidak pernah berteriak bosan. Karena sebetulnya tidak sepenuhnya perhatian dan pikiran saya ke lagu tersebut. Playlist tersebut lebih sering menjadi pelengkap saya dalam melamun, berpikir, sembari menikmati pemandangan.

Setiap musik tertentu pasti ada kenangan tersendiri di telinga pendengarnya. Dan selalu ada beberapa lagu tertentu yang mengingatkan saya akan sebuah perjalanan liburan yang telah ditempuh. Ini dia playlist yang sangat mengingatkan saya akan liburan kala itu.

DIENG

·Phoenix – Everything is Everything

·Level 42 – Forever Now

Dua lagu tersebut selalu membuat saya bernostalgia bagaimana serunya mendaki puncak Sikunir di pagi-pagi buta dan betapa dahsyatnya lari nanjak non-stop di salah satu anak bukit pinggir Telaga Warna. Rasanya pas banget sama penggalan lagu Forever Now nya Level 42. One eternal moment in time.

JOGJA – SEMARANG

·Rhoma Irama feat. Rita Sugiharto – Haram

Saya bukan penggemar musik dangdut. Tapi sumpah, hanya ini satu-satunya lagu dangdut yang saya suka. Tembang “Haram” ini pas banget sebagai pelengkap dan penetral suasana saat saya merasa frustasi dalam kereta ekonomi yang membawa saya ke Jogjakarta dalam waktu 10 jam. Klop banget lah pokoknya. Sebetulnya pertama kali saya berkenalan dengan lagu dangdut ini saat naik bus malam jurusan Wonosobo di liburan sebelumnya. Tapi entah kenapa hits Rhoma Irama ini lebih mengingatkan saya akan perjalanan ke Jogja.

Oh iya, satu lagi. Kalo denger lagu ini selalu kebayang tampang belernya Ripe sambil berdendang, “kenapa semua yang asik asik, itu diharamkan?”

muka Ripe lagi beler : “kenapa semua yang asik-asik, itu diharamkan?”

BROMO – BALURAN – BALI

·Black Eyed Peas – I Gotta Feelin’

Every night was a good good night at that time. Jika saya flashback, setiap malam dalam perjalanan tersebut kami selalu mendapat kejutan baik dari objek wisata atau hal-hal kecil yang sulit dilupakan. Mulai dari menemukan lampion garden di kota Batu yang di luar rencana, melewatkan satu malam menuju puncak Bromo yang bikin deg-degan, melihat bintang yang bertaburan jumlahnya begitu banyak saat menunggu matahari terbit di puncak Bromo, sampai merasakan serunya rentetan kejadian yang kami alami waktu sampai di Kuta dini hari. That was really a good night, guys!

·Shakira – Waka Waka (This Time for Africa)

Selalu terbayang Mc’d Kuta setiap mendengengarkan lagu ini. Ingat waktu baru sampai kuta jam 1:00 WITA langsung disambut bule-bule yang lagi nonton bareng piala dunia. Entah sudah berapa ratus kali lagu ini dikumandangkan karena soundtrack resmi piala dunia. Waka waka ee eee!

plus ratusan kali nonton video klipnya

Leave a Reply

