Domestik

seruan dan pengalaman : Dieng

buat para turis dan wisatawan di luar sana, plis jangan takut atau mengurungkan niat kalian untuk mengunjungi Indonesia karena aksi terror bom yang terjadi di Jakarta tanggal 17 Juli lalu. objek wisata di Indonesia bukan hanya kota Jakarta kok. wilayah Indonesia sangat luas dan punya banyak objek wisata lain yang bisa dikunjungi untuk travelling atau backpacking. sebut aja Raja Ampat yang ada di Papua Barat. kepulauan Mentawai yang ada di Sumatera Barat. gunung Rinjani yang ada di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. dan nggak ketinggalan suatu dataran tinggi yang sangat indah dimana sebulan yang lalu gue beserta temen-temen gue backpacking ke sana . dataran tinggi itu bernama……Dieng

disini gue cuma bisa cerita soal Dieng berdasarkan pengalaman karena emang gue baru kesana aja. oke. dimulai Diengnya…

umum aja sih yang mau gue sampein. dataran tinggi Dieng terletak di kabupaten Banjarnegara dan juga kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dataran tinggi Dieng ini ada di sebelah barat gunung Sindoro dan gunung Sumbing makanya nggak heran kalo Dieng ini dingiiiiiiiin banget karena berada di ketinggian 2093 meter di atas permukaan laut dan juga dikelilingi banyak anak gunung. di Dieng ini banyak banget kawah-kawah dan juga hotspring karena dataran tinggi Dieng ini masih berada di wilayah vulkanik aktif dan dulunya terbentuk dari suatu letusan gunung yang besar.

nama Dieng berasal dari kata..Sanghyang (kalo nggak salah) yang berarti tempat bersemayam para dewa. dan gue baru tau juga sih kalo Dieng itu berasal dari bahasa Sunda, bukan Jawa. karena ternyata dulu emang ada pengaruh dari kerajaan Galuh.

kalo mau kesana lo bisa naek bus malem ke Wonosobo. dari Wonosobo, lo naek angkutan sebutannya mikrobus ampe atas Dieng. bayarnya 10ribu. perjalanan dari Wonosobo ke atas Dieng kurang lebih 20menitan soalnya emang jauh. Dieng itu berada di 27 km diatas kota Wonosobo. yah..begtu yang gue tangkep.

diatas mikrobus dari Wonosobo

kalo kesana jangan lupa bawa baju hangat sebanyak-banyaknya ya. jangan kayak gue yang bawa baju barong Bali 3 biji dan celana pendek. goblog emang. apalagi kalo lo mau kesana di bulan Juli-Agustus. suhunya bisa sampe 0 derajat. kalo kata film yang gue tonton di Dieng Plateau Theatre, as winter as in Europe.hhehe

disana lo nggak akan keabisan objek wisata. banyak banget objek wisata alam kayak kawah, danau, gunung, telaga, gua dan ada kompleks candi Hindu juga loh..!
yang gue rekomendasikan ke elo untuk dikunjungin adalah,

  • naek ke puncak gunung sikunir abis subuh, atau sebelum subuh. kalo lo beruntung, lo bisa nikmatin sunrise di puncak gunung Sikunir
  • diatas puncak gunung Sikunir

  • naek bukit di sekitar telaga warna di sore hari sekitar jam 3an. lo bakal dapetin pemandangan yang bagus banget menn!!

  • pembangkit geothermal yang di deket kawah Sileri. pasokan listrik di datarang tinggi Dieng emang berasal dari geothermal atau energi panas bumi. lo paling cuma bisa liat dari luar aja..biar bau belerang tapi oke banget
  • Dieng Plateau Theatre. cuma bayar 3000 perak lo bisa nikmatin film tentang dataran tinggi Dieng. DPT ini ada di sebelah telaga warna. dari atas DPT ini lo bisa nikmatin keindahan telaga warna dari atas
  • kompleks candi Arjuna dan kawah Sikidang. tapi kalo yang satu ini bener2 udah jadi tempat wisata, jadi agak rame

tapi buat gue, untuk keseluruhan semua okeeeeeee banget. oh God. that was really awesome!!!gue jamin lo nggak akan nysel ke sana.

ooh ya sesuai request nya Mas Dwi, gue juga mau merekomendasikan tempat yang enak buat nginep. namanya

HOTEL AND RESTO BU DJONO

the 1st and right place to relax in Dieng Plateau

Jl. Raya Dieng Km.27 Dieng Plateau, Wonosobo, Central Java

tarifnya semalem kalo yang VIP (2 tempat tidur, kamar mandi dalem, TV) 150ribu aja. kalo yang biasa aja (2 tempat tidur doang) 75ribu aja. nggak dibatesin sekamar maximum berapa orang, mau minjem selimut juga ga bayar, tapi kalo mau nambah extra bed nambah 20ribu. di lantai bawah ada restorannya. gue sih sangat merekomendasikan tempat ini. karena letaknya strategis buat ke tujuan wisata. dan yang punya penginepan juga baik dan ramah banget..

jadi saran gue, tetaplah berkunjung ke Indonesia. yang gue ceritain diatas itu baru salah satu objek wisata yang udah gue kunjungin. masih buanyaaaaaak objek wisata di Indonesia yang belom gue kunjungin dan mungkin lebih indah daripada pegalaman perjalanan gue ke Dieng.

so it’s time for you to visit Indonesia because
INDONESIA DANGEROUSLY BEAUTIFUL

oya buat para kawula muda pada join #indonesiaunite yah.
KAMI TIDAK TAKUT – WE ARE NOT AFRAID!
LET’S FIGHT TERRORISM!
http://indonesiaunite.com/

One thought on “seruan dan pengalaman : Dieng

Leave a Reply

